4 Cara Bisnis Online Untuk Pemula Agar Cepat Sukses

Cara Bisnis Online Untuk Pemula Agar Cepat Sukses

Gimana nich caranya merintis bisnis online? Sepertinya itu adalah salah satu pertanyaan yang sering kali muncul di pikiran teman-teman yang masih  belum terlalu mengenal dunia online dan bisnis. Apabila kamu salah satu orang yang mempunyai pertanyaan yang sama, maka alangkah baiknya kamu mulai membaca semua tulisan ini dengan teliti. Kali ini kita akan mencoba menjelaskan 4 cara dan tahapan bagaimana memulai bisnis online dari nol dan membangunnya sehingga menjadi sebuah bisnis yang besar.

Sebelum kamu memutuskan untuk berkecimpung dalam dunia bisnis online, alangkah baiknya harus kamu ketahui sebelumnya bahwa bisnis online itu sama saja dengan bisnis offline. Tetapi ada perbedaannya yaitu pada faktor fisik sarana dan prasarana nya yang memungkinkan bisnis bisa berkembang makin cepat dikarenakan faktor jaringan internet yang tidak kenal batas ruang dan waktu. Sedangkan pada faktor lainnya, yang berkaitan dengan sumber daya manusianya, maka sama saja. Agar bisa sukses berbisnis online tetap diperlukan jiwa wirausaha. Sifat dan kepribadian seperti tekun, pantang menyerah, rasa ingin tahu yang lebih, ulet, selalu belajar, rendah hati, tidak mudah puas, tetap diperlukan di bisnis ini.

Jadi untuk modal awal dalam memulai bisnis online tetap sama yaitu mempunyai jiwa kewirausahaan. Setelah Anda mempersiapkan mindset wirausaha, barulah kemudian kita mulai melaksanakan 4 cara memulai bisnis online untuk pemula ini.

 

  1. Menjual skill

Kamu bisa memulai bisnis online dengan menjual keahlian yang kamu punya. Apakah kemampuan kamu yang paling menonjol? Kemampuan kamu bisa kamu tawarkan ke orang lain melalui situs-situs marketplace produk jasa dan melalui media sosial yang kamu punya.

Sebelum mulai menawarkan jasa kamu, alangkah baiknya terlebih dahulu membangun reputasimu di dunia online. Misalnya kemampuanmu adalah membuat website atau blog. Maka buatlah terlebih dahulu portofolio hasil karyamu dan pajang di media sosial. Untuk saat ini, sosial media yang bagus untuk memperlihatkan hasil karyamu adalah instagram dan facebook.

Buatlah satu akun instagram dan Facebook yang isinya khusus untuk menjual kemampuanmu. Awali dahulu dengan memajang hasil karyamu dan mencari pengikut tertarget sesuai dengan jasa yang kamu tawarkan. Selain itu apabila tema blog yang sudah kamu bikin sebelumnya, tema nya sama dengan kemampuan yang kamu tawarkan, kamu juga bisa menawarkan jasamu ke audiens blog kamu. Untuk memasarkan produk lewat blog atau web site, disarankan kamu belajar tentang Email Marketing terlebih dahulu.

 

  1. Menjual produk melalui marketplace

cara sebelumnya ialah memulai bisnis online murni digital tanpa mempunyai stok barang yang berbentuk fisik. Tapi apabila kamu mempunyai sebuah produk yang sangat menarik untuk dijual secara online, kamu dapat mulai merintis bisnis jualan online lewat marketplace.

Supaya mempunyai produk yang dijual di marketplace pun sebenarnya tidak harus benar-benar memiliki produknya. Hal yang dibutuhkan ialah kamu mempunyai suplier produk. Menariknya dari bisnis online ialah, dengan adanya suplier produk yang menawarkan bisnis dropship. Dropship ialah menjual barang tanpa mesti mempunyai stok barang dimana barang akan langsung dikirim oleh suplier atas nama penjual.

 

  1. Mulai membuat brand untuk produk sendiri

Setelah kamu menjalankan bisnis online yang dipaparkan sebelumnya dan telah berjalan dengan lancar. Kini kamu sudah mempunyai penghasilan. Alangkah baiknya penghasilan kamu sisihan dan simpan di tabungan agar dijadikan modal usaha yang akan dipakai untuk membuat brand produk kamu sendiri.

Mulai ciptakanlah sebuah produk yang berhubungan dengan hal-hal yang sangat kamu senangi dan diperlukan orang banyak. Sesudah menentukan sebuah produk yang sangat sesuai, teruskan langkah dengan cara membikin Rancangan dan strategi bisnis online yang akan dieksekusi. (Pelajari lebih dalam tentang cara membikin rencana bisnis menggunakan Businees Model Canvas). Sekarang kamu mesti meningkatkan keahlian sebagai seorang wirasuhawan sejati yang siap untuk memimpin sebuah perusahaan besar dengan ribuan karyawan. Persiapkan keahlian dan mental kamu.

 

  1. Memasarkan brand produk sendiri

Dapat dikatakan bahwa jurus pamungkas dari sebuah bisnis adalah pemasaran. Melalui pemasaran inilah pembuluh darah aliran dana bisa terus mengalir dan membuat keuntungan untuk perusahaan. Karena, yang kita kupas di sini ialah bisnis online, jadi pemasaran yang dilakukan juga pemasaran online. Kamu harus pelajari dan kuasai Cara dan Strategi Pemasaran online dari para ahli marketing online.

Sangat penting sekali supaya mempunyai seorang mentor dalam bisnis sehingga bisa membimbing dan mengaping dalam menjalankan bisnis. Maka carilah mentor bisnis yang sesuai dengan kebutuhan bisnismu.

 

Demikianlah pemaparan gambaran umum tentang cara memulai bisnis online. Semoga tulisan ini dapat memberi gambaran awal untuk kamu yang ingin terjun langsung dalam dunia bisnis online.

Leave a Reply

Your email address will not be published.