pemasaran jaringan

Pemasaran Jaringan: Apakah Ini Bisnis Rumahan?

Perkembangan cara pemasaran jaringan

Sebelum era Internet, pemasaran jaringan seperti MLM (Multi Level Marketing) dulunya merupakan satu-satunya “bisnis rumahan” dan satu-satunya cara untuk mendapatkan penghasilan tambahan selain bekerja dengan pekerjaan tetap sambil bekerja lembur.

Tehik pemasaran yang biasanya diajarkan di industri ini terdiri dari memperkenalkan produk kepada keluarga dan teman. Cara klasiknya adalah mengundang teman, keluarga, dan semua kenalan ke pertemuan hotel, restoran atau cafe di mana mereka mendengar presentasi tentang produk atau jasa sekaligus bisnis Anda. Setelah menghabiskan apa yang disebut “pasar hangat” Anda, Anda kemudian harus pergi lagi untuk mencari pelanggan potensial lain.

Sayangnya, banyak perusahaan pemasaran jaringan masih menggunakan tehnik ini di hari ini. Beberapa ahli pemasaran merekomendasikan untuk menggunakan apa yang disebut poster kecil dan selebaran. Pelaksanaannya antara lain menyebarkan psoter kecil dan selebaran sebanyak mungkin di tempat umum, dari restoran, di toko bahan makanan, dan di sekitar mesin ATM.

Alih-alih bekerja dari rumah, tehnik-tehnik ini membuat pemasar jaringan sering berada di luar rumah. Dalam hal ini, sebenarnya bukanlah apa yang disebut bisnis berbasis rumahan.

Saat ini, Internet memungkinkan memasarkan produk dan jasa melalui pemasaran Internet. Pembuatan prospek pemasaran Internet mungkin benar-benar gratis atau berbiaya rendah. Prospek yang dihasilkan melalui internet sangat ditargetkan.

Selebaran dan poster kecil diganti dengan e-mail marketing, grup diskusi, dan forum. Kunjungan ke toko kelontong diganti dengan kunjungan ke forum. Iklan surat kabar non-target yang mahal digantikan oleh buletin bertarget tinggi yang lebih murah dan iklan bayar per klik.

Teknologi telepon saat ini memungkinkan pemasar untuk melakukan presentasi yang menghubungkan prospek dari seluruh negeri, atau bahkan dari seluruh dunia. Rapat hotel yang memakan waktu mahal digantikan dengan bergabung dalam zoom atau google meeting yang cukup dilakukan dari rumah Anda.

 

Pemasaran jaringan benar-benar menjadi bisnis rumahan

Jika tujuan Anda mencari bisnis rumahan maka Anda akan memiliki kesempatan untuk menghabiskan waktu berkualitas bersama keluarga, dan jika Anda berencana untuk bekerja paruh waktu dalam bisnis tersebut, saat mengevaluasi sebuah perusahaan, Anda mungkin ingin memeriksa rencana pemasaran mereka. Sebelum memeriksa rencana kompensasi, produk, atau kebijakan dan prosedur, Anda disarankan untuk memeriksa kualitas program pelatihan perusahaan; ini harus dilakukan sebelum bergabung, bukan sesudahnya. Anda harus memastikan bahwa perusahaan pemasaran jaringan yang Anda pertimbangkan akan mengajari Anda teknik pemasaran nyata dan pemasaran internet untuk menghasilkan prospek.

 

Terimakasih telah membaca. Semoga bermanfaat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.