Pengorganisasian Sebuah Taktik untuk Perencanaan Strategis

Pengorganisasian Sebuah Taktik untuk Perencanaan Strategis

Bagi kebanyakan pelaku bisnis, Pengorganisasian sebuah taktik untuk pengorganisasian strategis seringkali dapat berkembang menjadi seseatu yang sia-sia. Anda dapat menghabiskan waktu yang lama untuk mengembangkan strategi dan kemudian bingo, sesuatu yang tidak terduga terjadi sehingga Anda harus melakukan beberapa gerakan yang cukup cepat untuk mencapai hasil yang Anda inginkan. Dan terkadang apa yang Anda yakini membuat perasaan beberapa minggu yang lalu sekarang benar-benar hilang. Jadi, bagaimana Anda melakukan Perencanaan Strategis dalam lingkungan yang berubah secara teratur?

 

Pengalihan Strategi

Salah satu caranya adalah selalu beralih dari persiapan strategis ke pengorganisasian situasi. Pengaturan situasi adalah instrumen persiapan strategis yang digunakan untuk membuat ide-ide jangka panjang yang dapat disesuaikan dan sangat cocok untuk organisasi yang memiliki tantangan besar ketidakpastian untuk masa depan. Ini seperti pengaturan strategis dalam teknik berikut:

 

  1. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah melakukan penilaian internal dan eksternal.
  2. Pada tingkat tertentu dalam persiapan situasi, Anda akan melakukan brainstorming kemungkinan tujuan atau skenario yang diinginkan.
  3. Segera setelah Anda memprioritaskan semua skenario tersebut, Anda kemudian dapat membuat metode organisasi untuk mencapai skenario orang-orang tersebut.

 

Fungsi Pengorganisasian Skenario

Skenario dikembangkan dengan mempertimbangkan masa depan, hasil atau fungsi yang tidak dikenal yang dapat mendorong bisnis ke berbagai arah. Sebagai contoh, legislatif yang baru terpilih dapat sepenuhnya mengubah panorama organisasi – apa yang tampak di monitor bertahan tahun sekarang jauh dari meja tahun kalender ini. Oleh karena itu, pengorganisasian skenario membantu perusahaan berpartisipasi dalam “bagaimana jika?” permainan online.

Hasil jangka panjang tersebut menentukan tindakan tertentu untuk organisasi Anda atau memerlukan susunan pilihan strategis yang berbeda yang sedang dibuat. Rasakan ini seperti labirin di mana Anda mungkin harus terus-menerus membuat alternatif tentang jalan.

 

Analisis SWOT dan PESTLE

Pengorganisasian skenario memanfaatkan peralatan penilaian yang jauh lebih komprehensif; sebagai alternatif untuk memanfaatkan SWOT (Strengths, Weaknesses, Chances, Threats) seringkali menggunakan PESTLE (Political, Economical, Interpersonal, Technological, Authorized, Environmental).

 

Jadi bagaimana Anda melakukan perencanaan skenario? Berikut akan menjadi langkah-langkah mendasar:

 

  1. Pelingkupan: Apa dilema atau kekhawatiran yang perlu Anda jawab atau koreksi?
  2. Pemeriksaan Pola: Deteksi kekuatan eksternal dalam operasi dan pertimbangkan tekanan yang mereka hadapi.
  3. Membangun Skenario: Bekerja dengan hasil dari dua tahap awal, kumpulkan skenario Anda untuk dijelajahi.
  4. Pilihan Produksi: Pertimbangkan opsi yang ditawarkan hanya dalam skenario – inovasi, perusahaan baru, tugas, atau kemungkinan.
  5. Lihatlah Pilihan: Kenali dan diskusikan kemungkinan implikasi dan dampak skenario dalam opsi yang diidentifikasi dan pertimbangkan untuk menjalankan percontohan.

 

Untuk beberapa organisasi, ini bisa berkembang menjadi normal baru. Bagi orang-orang, itu bisa menjadi kenyataan saat ini ketika sebuah kelompok muncul dari metode kematian seseorang menjadi yang baru yang stabil untuk jangka waktu tertentu. Satu hal yang dapat kita ketahui dengan pasti adalah bahwa perubahan cenderung berlangsung terus-menerus dalam kehidupan organisasi sehari-hari sehingga ide-ide strategis kita membutuhkan kemampuan untuk fleksibel dengan perubahan orang.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.